Kamis, 16 Februari 2023

Cara Membuat CCTV di HP Bekas Agar Online



Cara membuat CCTV di Hp. Mungkin banyak yang berpikir bahwa CCTV hanya bisa dipantau oleh monitor komputer atau sejenisnya. Biasanya monitor dan kamera CCTV terhubung dengan DVR sebagai media penyimpanan data rekaman.


Padahal, saat ini kita juga bisa memantau rekaman CCTV dari hp Android atau iPhone. Seakan, kita bisa membuat CCTV dari hp Android atau iPhone. Mudah dan praktis pula penggunaannya.

Adapun CCTV tersebut bisa dipasang di mana saja, mulai dari tempat kerja, kantor, ruang tamu, mall, supermarket, rumah, tempat parkir, dan sebagainya. Asal terhubung dengan wifi atau internet, semuanya bisa dipantau.

Di sini kami ingin membagikan tutorial penjelasan mengenai cara membuat CCTV di smartphone dengan menggunakan wifi atau internet. Daripada penasaran, simak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.

Membuat CCTV di Hp dengan Wifi
Sebelumnya perlu digarisbawahi bahwa membuat CCTV di hp ini maksudnya kita melakukan pemantauan kamera CCTV melalui perangkat smartphone. Bukan menjadikan hp sebagai CCTV yang diletakkan di lokasi pemantauan.

Pertama dengan menggunakan jaringan Wifi, kita bisa memanfaatkan aplikasi IP WebCam. Aplikasi ini sangat direkomendasikan karena selain mudah digunakan, user friendly, aplikasi ini juga ringan dan tak memberatkan memori serta RAM hp.

Terlebih, aplikasi ini bisa dimiliki secara gratis. Aplikasi ini bisa diinstall secara gratis dari Play Store.

Setelah menginstlal aplikasi IP WebCam, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan pemantauan secara real time kamera CCTV merek apa saja dari smartphone Android.


1. Konfigurasi Hotspot Wifi

Pertama, lakukan konfigurasi awal pada hotspot wifi di hp untuk mengatur nama, password, port, dan lain sebagainya. Langkah ini juga bertujuan untuk mengetahui alamat ip dan mac address dari perangkat router atau modem wifi.

Caranya, masuk ke Pengaturan -> Hotspot, dan lakukan seluruh konfigurasi pengaturan di sana. Bila sudah selesai, jangan lupa simpan dan catat seluruh port, alamat ip, password, serta nama wifi-nya.

2. Hubungkan CCTV ke Hp

Buka aplikasi IP webCam, aplikasi Android yang tadi diinstall untuk melakukan konfigurasi. Cara dan langkah menghubungkan CCTV lewat IP Webcam adalah sebagai berikut.

Pertama, buka aplikasinya lalu klik Start Server.
Kemudian akan muncul ip address pada bagian bawah layar smartphone, silahkan catat.
Akses alamat ip address yang didapat tersebut pada browser di hp seperti Chrome atau Mozilla.
Setelah itu kita akan masuk ke menu dashboard pengaturan dan pengelolaan kamera CCTV.
Kita bisa melihat video beserta suara dari rekaman CCTV secara live streaming.
Selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar